Tahukah anda mengapa
Valentino Rossiselalu menurunkan kakinya saat di tikungan? ini dia alasannya.
Valentino Rossiselalu menurunkan kakinya saat di tikungan? ini dia alasannya.
Adalah tahun 2006 saat mesin MotoGP masih berkapasitas 990cc The Doctor
mulai mempopulerkan gaya turun satu kaki dan
hingga kini makin banyak para juru kebut motor prototipe mulai ikutan turun satukaki.Sebenarnya Rossi sendiri tidak dapat memberikan
penjelasan pasti mengapa dia melakukannya tapi para rider percaya dengan cara
itu mereka bisa mengerem lebih keras dan lebih dekat ke tikungan.
Kalau anda mengaku fans berat Rossi pastinya anda tahu kalau Rossi
jagonya "Late Braking" itu sudah menjadi ciri khas dari riding
stylenya."Ketika aku menunggangi motor
,aku tak pernah dengan sengaja melakukannya.Kadang ini hanyalah reaksi alamiku.Dengan cara itu aku bisa mengerem lebih keras dan rasanya aku bisa menambah tenaga ke setang" begitulah pernyataan Rossi tentang alasannya turun satu kaki saat akan menaklukan sebuah tikungan.
,aku tak pernah dengan sengaja melakukannya.Kadang ini hanyalah reaksi alamiku.Dengan cara itu aku bisa mengerem lebih keras dan rasanya aku bisa menambah tenaga ke setang" begitulah pernyataan Rossi tentang alasannya turun satu kaki saat akan menaklukan sebuah tikungan.
Pada balap Supermoto atau MotoX para pembalapnya menurunkan satu kaki saat melibas sebuahtikungan.Teknik ini di lakukan untuk memindahkan pusat
massa ( Centre of Gravity) menjauh dari bodi motor,lebih ke depan dan
mendekatkannya ke arah tikungan. Lalu apakah teknik ini yang di adopsi para rider
MotoGP ? Tentu tidak! Rider Supermoto atau MotoCross melakukannya selama
menikung sedangkan rider MotoGP hanya menurunkan satu kakinya saat akan menikung.
Teknik menikung di arena dirtbike berbeda dengan teknik di arena road race macam MotoGP,GP250,GP125,Superbike dan lain lain. Menurut teori teknik balap road race,kaki di usahakan mengapit ke bodi motor. Dengan mengapit erat ke motor maka titik pusat massa pembalap berada dekat dengan titik pusat motor.Ketika melakukan braking atau hard braking pembebanan dari massa tubuh sang rider tidak akan terlalu terpusat ke tangan rider,sehingga kemudi menjadi netral dan terasa lebih ringan saat mengerem dan menikung.
Teknik menikung di arena dirtbike berbeda dengan teknik di arena road race macam MotoGP,GP250,GP125,Superbike dan lain lain. Menurut teori teknik balap road race,kaki di usahakan mengapit ke bodi motor. Dengan mengapit erat ke motor maka titik pusat massa pembalap berada dekat dengan titik pusat motor.Ketika melakukan braking atau hard braking pembebanan dari massa tubuh sang rider tidak akan terlalu terpusat ke tangan rider,sehingga kemudi menjadi netral dan terasa lebih ringan saat mengerem dan menikung.
Di era MotoGP 800cc, menaklukan tikungan dengan
lebih cepat adalah salah satu kunci kemenangan. Mungkin, dengan menggabungkan
teknik dirtbike dan road race seperti di atas dapat memberikan keuntungan
tersendiri bagi Rossi.
The Doctor berkata " Aku tak tahu kenapa aku mulai melakukannya hingga kini.Tapi akupun tak tahu kenapamereka ( pembalap lain ) melakukannya juga ".
The Doctor berkata " Aku tak tahu kenapa aku mulai melakukannya hingga kini.Tapi akupun tak tahu kenapamereka ( pembalap lain ) melakukannya juga ".