Telah Dirilis, Ubuntu 13.04 Raring Ringtail




Bagi penggemar Linux Ubuntu, ada kabar baik, tanggal 25 April 2013 kemarin waktu setempat, Ubuntu 13.04 versi final dengan nama code Raring Ringtail akhirnya secara resmi dirilis dan sudah bisa diunduh secara gratis.

Raring Ringtail merupakan rilis ke 18 dari sistem operasi Ubuntu yang akan akan didukung hingga 9 bulan ke depan sampai bulan Januari 2014, baik untuk versi desktop maupun server.

Secara umum Ubuntu 13.04 memiliki beberapa feature diantaranya menggunakan tampilan Unity 3D yang lebih baru, Upstart versi 1.8, Python 3.3, hingga Compiz Fusion 0.9.9. Mengggunakan Linux kernel 3.8.8, distro ini memberikan dukungan perangkat keras terkini dan juga mengoptimalkan penggunaan pada perangkat keras lawas dan juga saat ini.

Sedangkan aplikasi bawaan diantaranya aplikasi office yaitu LibreOffice versi 4.0, file manager masih menggunakan Nautilus namun dengan versi terbaru, aplikasi jejaring sosial yang beragam, peramban Firefox versi 20 dan email client berupa Mozilla Thunderbord 17.0.5.

Bagi pengguna yang ingin mencobanya terlebih dahulu tanpa perlu mengunduh dan memasangnya pada komputer mereka secara virtual melalui koneksi internet, Canonical juga menyediakan semacam tour Ubuntu 13.04 . Untuk itu Anda bisa mengunjungi alamat

http://www.ubuntu.com/tour/en/#

Comments
0 Comments
Telah Dirilis, Ubuntu 13.04 Raring Ringtail