[Video] Tragis, Dua Pemadam Kebakaran China Jatuh Saat Memadamkan Api



Dua petugas pemadam kebakaran asal China yang tewas setelah terjatuh saat berusaha memadamkan api di sebuah gedung bertingkat dipuji sebagai pahlawan oleh kalangan anak muda di media sosial.

Qian Lingyun dan Liu Jie meninggal pada Kamis pekan lalu ketika berusaha memadamkan api di lantai 13 sebuah apartemen di Shanghai, kota yang menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial dan komunikasi terpenting China, seperti dilansir surat kabar the Straits Times, Ahad (4/5).

"Di saat petugas pemadam kebakaran mendobrak pintu apartemen, tiba-tiba terjadi ledakan dan udara panas serta asap menghempas area lift di mana Qian dan Liu berada," kata departemen pemadam kebakaran kota.

Dorongan itu meniup keduanya ke arah jendela yang terbuka hingga membuat mereka terjatuh ke sebuah teras di atas pintu masuk bangunan tersebut.

Sebuah foto dramatis yang memperlihatkan Quan dan Liu terjun bebas dari bangunan itu diterbitkan di halaman depan koran the Beijing News pada Jumat pekan lalu.

Departemen pemadam kebakaran tidak memberikan usia pasti keduanya. Tetapi mereka menyatakan Qian lahir pada tahun 1991, sementara Liu lahir pada tahun 1994. Ini berarti umur mereka sekitar 20-an tahun.

"Anda adalah pahlawan," tulis sebuah pesan diunggah kemarin di Sina Weibo, sebuah situs media sosial asal China yang mirip dengan Twitter.

"Surga membutuhkan keberanian seperti kalian," tulis pengguna lainnya, yang mencakup dua gambar lilin untuk menghormati kedua korban.

Namun, sebagian mempertanyakan apakah kematian mereka bisa dicegah. "Kelihatannya lebih seperti kecelakaan keselamatan," tulis sebuah unggahan. "Apakah mereka tidak berpikir akan adanya ledakan sebelum mendobrak pintu?"

Pesan terakhir yang diunggah Qian di akunnya di Sina Weibo menyatakan bagaimana sulitnya bekerja sebagai seorang petugas pemadam kebakaran.

"Tahun ini tidaklah mudah, masih ada lebih dari satu setengah tahun untuk dilalui!" tulis Qian di akunnya. "Saya masih berharap!"
Ada sekitar 94.000 komentar yang ditulis pada pesan terakhir Qian oleh para pengguna media sosial.

"Seseorang yang biasa telah memperlihatkan kepada kita sebuah keberanian yang luar biasa," tulis salah satu komentar. "Selamat jalan pahlawan kami, beristirahatlah dalam damai."

"Anda menjelaskan kepada dunia bahwa generasi yang lahir setelah tahun 1990 adalah pemberani, bukan sebuah generasi yang hancur," tulis unggahan komentar lainnya, seperti dikutip koran pemerintah China dua hari lalu.

Media China melaporkan bahwa kebakaran kemudian dapat dipadamkan, tapi penyebabnya masih belum diketahui. Saat ini polisi masih menyelidiki insiden itu.



Comments
0 Comments
[Video] Tragis, Dua Pemadam Kebakaran China Jatuh Saat Memadamkan Api