Mangaka Pencetak Mega Hits 'Attack on Titan'



Hajime Ishiyama's Biography 
Hajime Isayama adalah mangaka Jepang dari Oyama, Oita. Karya pertamanya dan masih berlanjut sampai sekarang, Shingeki no Kyojin (Attack on Titan) telah terjual 22 juta kopi per Juli 2013.

Isayama lahir di Oyama, Hita, Perfektur Oita, Jepang pada tahun 1986. Walaupun masih SMA di Hita Rinko Senior High School, tapi dia sudah mengirimkan manga buatannya untuk diikutsertakan dalam kontes. Setelah lulus, Isayama mendalami manga di Kyushu Desginer Gakuin, program design dan seni manga. Ketika cerita one-shot (manga yang hanya terbit sekali) Attack on Titan yang dibuat nya mendapat sambutan yang baik, dia pindah ke Tokyo dan bekerja di sebuah cafe internet untuk mengejar karirnya di dunia manga. One-shot ini kelak akan dimasukkan sebagai bonus dalam Blu-ray anime Attack on Titan.

Pada tahun 2006, dia mengajukan karyanya di Magazine Grand Prix (MGP) yang diselenggarakan oleh Kodansha Ltd. dan karyanya Attack on Titan mendapat penghargaan "Fine Work". Pada awalnya, dia memasukkan karyanya untuk diserialisasikan ke Weekly Shonen Jump di Shueisa. Disana dia mendapat masukan untuk mengubah style dan cerita nya supaya lebih sesuui untukWeekly Shonen Jump. Tapi dia menolak, dan memutuskan untuk memasukkan karyanya ke Weekly Shonen Magazine di Kodansha Ltd.

Pada tahun 2008, dia mengikuti kompetisi 80th Weekly Shonen Magazine Freshman Manga Award, dimana karyanya "Heart Break One" berhasil meraih Special Encouragement Award. Karyanya yang lain, "orz", juga terpilih di kontes yang sama tahun berikutnya.

Pada tahun 2009, Attack on Titan mulai serialisasi pertamanya di Bessatsu Shonen Magazine, dan berhasil memenangkan 35th Kodansha Manga Award untuk kategori Shonen pada tahun 2011, dan dinominasikan untuk 4th annual Manga Taisho Award dan 16th Annual Tezuka Osamu Cultural Price. Attack on Titan telah menghasilkan 3 spin-off manga, light-novel, adapatasi anime, beberapa visual novel, video game, dan film live-action yang sedang dalam produksi.

                                                                            wawancara dengan Isayama

Works
"Attack on Titan" (進撃の巨人 Shingeki no Kyojin, 2006, one-shot version)
"Heart Break One" (2008)
"orz" (2008)
Attack on Titan (進撃の巨人 Shingeki no Kyojin, 2009–present)
Attack on Titan Special Episode (進撃の巨人 特別編 Shingeki no Kyojin Tokubetsuhen, 2010, 2011)
Awards
2006Fine Work, Magazine Grand Prix for "Attack on Titan"
2008Special Encouragement Award, 80th Weekly Shōnen Magazine Freshman Manga Award for "Heart Break One"
2008Selected Work, 81st Weekly Shōnen Magazine Freshman Manga Award for "orz"
2011Shōnen category, 35th Kodansha Manga Award for Attack on Titan
Oricon, lembaga rangking di Jepang, telah melakukan survey dari 19 November 2013 hingga 17 November 2013 mengenai Top-Selling manga di Jepang. Hasilnya, Attack on Titan berhasil menduduki peringkat 2, di bawah One Piece.
Kepopuleran Attack on Titan sendiri sudah merambah beberapa negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia manganya sendiri telah diterbitkan oleh "Level Comics" dan masih berlanjut.

fan art untuk game Attack on Titan

Comments
0 Comments
Mangaka Pencetak Mega Hits 'Attack on Titan'