Bidan telat, Hustina melahirkan di toilet, bayi masuk kloset



Hustina (25), warga Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, melahirkan di toilet. Anak laki-lakinya masuk ke dalam toilet Puskesmas Balaraja.

Informasi yang dihimpun, Hustina bersama keluarga ke Puskesmas Balaraja yang terletak di Jalan Raya Serang, tepatnya dibawa fly over Balaraja karena Hustina hendak melahirkan.

Namun bidan yang merawat Hustina belum juga datang ke ruang bersalin dengan alasan menunggu pemeriksaan pembukaan 10. Saat itu Hustina sudah mengikuti beberapa pemeriksaan pembukaan.

"Saat pemeriksaan, bukaan ke lima, saat itulah Istri saya mules-mules dan hendak ke kamar mandi," ujar Jumadi (24), suami Hustina, Jumat (18/10).

Dia melihat bukan kotoran yang keluar, melainkan anaknya lahir masuk ke dalam toilet. "Jabang bayi masuk ke dalam toilet, saya kaget dan langsung berteriak meminta pertolongan," kata Jumadi.

Namun teriakan Jumadi tak juga digubris oleh para perawat di Puskesmas tersebut. "Ketika bibi saya menghampiri di depan mereka, baru pada nolongin," kata Jumadi.

Anak Jumadi lahir sekitar pukul 15.30 WIB. Kakak Hustina Wardi membenarkan jika adiknya melahirkan di dalam kloset Puskesmas Balaraja. "Beginilah jadinya jika pelayanan (puskesmas) lamban," katanya. 

Wardi berharap, kejadian serupa tidak terulang lagi. "Beruntung bayi dan ibunya selamat, dan saat ini masih dalam perawatan," tukasnya.

Comments
0 Comments
Bidan telat, Hustina melahirkan di toilet, bayi masuk kloset