Uang 10 Shilling Dilelang Seharga US$3,6 Juta


SYDNEY— Uang kertas pertama Australia yang dicetak 100 tahun lalu dan ditemukan dalam sepucuk surat di Inggris pada 1999 kini ditawarkan seharga 3,5 juta dolar Australia atau sekitar US$3,6 juta dalam lelang.

Uang kertas bernilai 10 Shilling dengan nomor seri M000001 yang diterbitkan pada 1 Mei 1913 itu dihadiahkan oleh Perdana Menteri Andrew Fisher kepada Judith Denman, gadis berumur lima tahun putri Gubernur Jenderal Lord Denman.
Tahun 1999, hampir 12 tahun setelah Judith Denman tutup usia, uang tersebut ditemukan saat benda-benda miliknya dipilah dan kemudian dibeli seorang kolektor di Sydney dengan harga satu juta dolar Australia pada 2000.
Uang itu kemudian dijual lagi dalam pelelangan pada 2008 serta terjual dengan harga 1,9 juta dolar Australia.
Penjual koin di Melbourne, Coinwork, yang menangani penjualan itu menyatakan ang kertas tersebut melambangkan satu periode paling penting dalam sejarah Australia — pembentukan Persemakmuran Australia tahun 1901.
Direktur Eksekutif Coinwork, Belinda Downie mengatakan setelah berkonsultasi dengan para ahli, ia mengharapkan uang kertas bersejarah itu laku setidaknya 3,5 juta dolar Australia, yang akan menjadi nilai tertinggi dalam penjualan koin atau uang kertas di Australia.
“Sejauh ini akan menjadi harga tertinggi,” katanya kepada AFP dan menambahkan bahwa para kolektor dan lembaga diharapkan berminat membelinya.
“Saya akan lebih suka bila uang itu bisa dipajang secara permanen, karena ini adalah sepotong sejarah yang penting dan setiap orang harus bisa ikut menikmatinya. Ini sangat unik,” katanya.
Pembuatan uang kertas itu atas gagasan perdana menteri saat itu, Fisher, dan pemerintahan Partai Buruh, yang menghendaki Australia punya identitas nasional yang lebih baik setelah masa kolonial.
Inisiatif pembangunan bangsa yang dilakukan oleh Fisher juga meliputi pembentukan bank pemerintah, Commonwealth Bank, pengenalan kantor pos persemakmuran serta pendirian Ibu kota Canberra. (Antara/nj)
Comments
0 Comments
Uang 10 Shilling Dilelang Seharga US$3,6 Juta