Review: Satu Poin Lagi, Bianconeri!



Juventus menjinakkan sang rival sekota Torino 2-0 digiornata 34 dan semakin mendekatkan diri pada Scudetto Serie A 2012/13. Bianconeri kini hanya butuh satu poin lagi untuk mempertahankan status mereka sebagai raja Italia.

Laga di Stadio Olimpico di Torino, Minggu (28/4), berjalan ketat khas sebuah partai derby. Torino mengincar tiga angka demi menjauhi zona degradasi, sedangkan Juventus bertekad untuk segera mengakhiri perburuan gelar dengan 
Napoli. Tendangan jarak jauh Arturo Vidal serta finishing Claudio Marchisio pada menit-menit akhir, setelah Torino kehilangan Kamil Glik akibat kartu kuning keduanya, membuat tuan rumah terluka dan harus rela melihat pasukan Antonio Conte semakin dekat pada target mereka.

Hasil ini membuat Juventus kini memiliki 80 poin di puncak klasemen atau unggul 11 poin atas Napoli di peringkat dua, sementara I Granatatertahan di posisi 16 dan terpaut hanya 4 angka dari zona merah dengan empat laga tersisa.

Bukan kemenangan yang mudah bagi Juventus. Meski terpisah 15 anak tangga serta tak pernah menang dalam 18 tahun terakhir, termasuk tunduk 0-3 pada pertemuan pertama musim ini, semangat Torino untuk bertahan di kasta tertinggi Italia sanggup membuat Gianluigi Buffon dan kawan-kawan kerepotan.

Walaupun mendominasi laga, Juventus sulit membongkar barisan pertahanan Torino yang bermain disiplin. Beberapa serangan balik skuad Giampiero Ventura juga tak membuahkan hasil, dan babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Tensi dan tempo meningkat di babak kedua. Juventus tetap dominan dan berusaha mencari celah. Pada menit 86, kebuntuan itu akhirnya dipecahkan oleh Vidal. Dengan tendangan setengah voli dari luar area, sang gelandang Chile meruntuhkan tembok pertahanan Torino dan membawa Juventus unggul 1-0.

Empat menit berselang, Glik, yang pada menit 78 sudah menerima kartu kuning karena melanggar pemain pengganti 
Fabio Quagliarella, diganjar kartu kuning kedua lagi-lagi akibat pelanggaran terhadap Quagliarella.

Kebobolan setelah sekian lama bertahan dan kalah jumlah pemain rupanya membuat mental Torino jatuh ke titik terendah. Juventus pun memanfaatkannya dengan maksimal untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-2 injury time lewat sepakan jarak dekat Marchisio meneruskan sundulan Quagliarella dari sebuah situasi set-piece.

Torino, yang dalam delapan pertemuan beruntun termasuk ini tak pernah mencetak gol ke gawang Juventus, harus kembali harus mengakui keunggulan sang rival sekota.

Juventus lagi-lagi keluar sebagai pemenang dalam Derby della Mole dan hanya butuh minimal hasil seri saat menjamu Palermo pada 5 Mei mendatang untuk mengakhiri perlawanan Napoli dan mempertahankan Scudetto mereka.

Satu poin lagi, Bianconeri!

Susunan pemain Torino: Gillet; D'Ambrosio (Di Cesare 75'), Glik (kuning 78'), Ogbonna, Masiello (kuning 57'); Basha, Gazzi; Cerci, Bianchi, Meggiorini (kuning 44') (Jonathas 67'), Santana (Birsa 83').

Susunan pemain Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (kuning 44') (Caceres 74'), Vidal, Pirlo, Pogba, Asamoah (Peluso 90'); Marchisio; Vucinic (Quagliarella 74').

Statistik  Torino - Juventus (via WhoScored)
Shots: 3 - 13
Shots on goal: 2 - 4
Penguasaan bola: 38% - 62%
Pelanggaran: 25 - 10
Corner: 2 - 4
Offside: 0 - 4
Kartu kuning: 3 - 1
Kartu merah: 1 - 0.

Comments
0 Comments
Review: Satu Poin Lagi, Bianconeri!